buku islam buku pesantren:

Al Qur'an Kita; Studi Ilmu, Sejarah dan Tafsir Kalamullah

Share





AL-QUR'AN KITA;
Studi Ilmu, Sejarah dan Tafsir Kalamullah
penulis : Purnasiswa 2011 Pondok Pesantren Lirboyo
penerbit : Turats 2011 & lirboyopress
(xxvii+291 hlm. 15,8 cm x 23,7 cm)
ISBN : 978-602-97403-4-9

Sebagai dasar pokok tuntunan kehidupan manusia, Al-Quran mengandung sejuta aspek yang membuat para ilmuan tertarik untuk mengkaji dan menguak rahasia yang terkandung di dalamnya. Buku ini coba menyuguhkan kajian ilmu Al-Quran dengan berbagai ragam pokok pembahasannya, mulai dari sejarah, otentisitas teks Al-Quran hingga aneka corak tafsir. Dengan sistem analisis yang runtut serta penggunaan bahasa yang lugas dan sederhana membuat buku ini layak untuk dibaca.

SAMBUTAN DAN PENGANTAR;
“Buku ini sangat layak untuk dibaca oleh para pengkaji al-Quran dan peminat kajian keislaman lainnya. Karena di samping isinya yang sarat dengan pendapat-pendapat para pakar ‘Ulûm al-Qur`ân dari kalangan ulama al-Salaf al-Shâlih, bahasanya juga sederhana dan mudah dipaham.”
KH. Ahmad Idris Marzuqi (Pengasuh Pon. Pes. Lirboyo Kediri Jawa Timur)

“Setelah saya telaah buku ini, saya mendapatkan kesan bahwa santri tamatan Lirboyo yang sehari-harinya bergelut dengan kitab kuning, ternyata mampu untuk menuliskan buah karya ilmiah yang tidak kalah dengan teman-teman mereka yang ada di perguruan tinggi. Begitu juga dengan gaya bahasanya. Kajian dalam buku ini juga menukik tajam. Ada kajian perbandingan. Referensi yang digunakan juga cukup bagus dan mantap yaitu gabungan antara mashâdir qadîmah (kitab-kitab turâts) dan hadîtsah (masa kini). Inilah yang saya banggakan.”
Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad, MA. (Rektor Institut Ilmu Al-Qur’an/ IIQ Jakarta & Pengasuh Pon. Pes. Dar Al-Qur’an Cirebon)

“Buku ini mencakup tema pembahasan yang komprehensif. Deskripsinya baik, pembaca awampun akan dapat dengan mudah memahami konsep-konsep dasar studi al-Quran.”
Prof. Dr. KH. Zamakhsyari Dhofier, MA. Ph.D. (Rektor Universitas Sains Al-Quran/ UNSIQ Wonosobo Jawa Tengah)

“Sebagai sebuah buku dasar, buku ini sangat layak untuk menjadi bahan bacaan, bukan hanya untuk siswa madrasah tetapi juga untuk mahasiswa khususnya mereka yang ada di Perguruan Tinggi Islam. Sungguh di luar dugaan, ternyata madrasah yang secara fisik berpenampilan konservatif-tradisional, jauh dari penampilan modern sebagaimana siswa Madrasah Aliyah yang menjadi andalan Kementrian Agama, ternyata mampu menghasilkan karya yang patut dibanggakan.”
Dr. H. Abu Hafsin, Ph.D. (Wakil Ketua PWNU Jawa Tengah & Dosen IAIN Walisongo Semarang)
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

2007 © @bukupesantren
searching #bukupesantren on | Follow @bukupesantren